Wajan Gosong Bikin Kesel? Ketahui Penyebabnya

Penyebab Wajan Menjadi Gosong – Timbulnya permasalahan kerak hitam pada wajan sudah menjadi makanan sehari-hari setiap kali memasak. Hal tersebut akan membuat perasaan tidak nyaman sebab peralatan memasak yang di gunakan kotor dan berkerak.

Perlu di ketahui bahwa kebanyakan orang memakai wajan berbahan stainless sebagai alat memasak. Bahan stainless pada dasarnya dapat menghantarkan panas lebih cepat di bandingkan bahan material lainnya. Wajan stainless memerlukan suhu api yang sedikit atau api kecil agar tidak menyebabkan wajan menjadi cepat gosong.

Tidak hanya di sebabkan oleh suhu api yang terlalu besar, faktor lain juga dapat mempengaruhi wajan menjadi gosong dan berkerak hitam. Ingin tahu faktor lain yang membuat wajan menjadi gosong dan berkerak? Ayo simak artikel ini sampai selesai!!!

 

Faktor Penyebab Wajan Menjadi Gosong dan Berkerak

Kerak pada wajan merupakan noda yang ada pada permukaan wajan selama penggunaan berulang. Kerak yang muncul pada wajan sering kali terjadi karena minyak, lemak, dan juga sisa-sisa masakan yang terbakar hingga mengering.

Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan wajan menjadi berkerak:

1. Pemanasan secara berlebihan

Pemanasan wajan dengan suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan permukaan wajan menjadi terlalu panas. Hal ini dapat mengakibatkan lapisan anti lengket pada wajan terbakar hingga rusak.

2. Penggunaan peralatan masak yang tidak sesuai

Perlu diketahui bahwa penggunaan alat masak yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan wajan kita berkerak loh.

Seperti penggunaan spatula atau sendok yang memiliki bahan kasar dapat menyebabkan lapisan anti lengket pada wajan menjadi rusak. hal tersebutlah yang akan memicu munculnya kerak pada wajan.

3. Penggunaan minyak yang tidak cukup

Penggunaan minyak yang tidak cukup atau kurang dapat menyebabkan masakan yang kita masak menjadi lengket pada permukaan wajan. Akibatnya, masakan yang kita masak menjadi menempel dan mengakibatkan kerak.

Tidak hanya itu, masakan yang menempel pada wajan akan sulit untuk di hilangkan dan akan merusak tampilan pada wajan.

4. Menggunakan bahan kimia yang berbahaya

Penggunaan bahan kimia yang terdapat pada deterjen atau sabun pencucian piring dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan wajan, lapisan anti lengket wajan, bahkan dapat merusak wajan itu sendiri.

Jika bahan kimia yang di gunakan untuk membersihkan wajan tidak di lakukan dengan baik dan benar, maka dapat mencemari makanan yang kita masak di dalamnya. Hal ini dapat mengakibatkan keracunan dan masalah kesehatan.

5. Menggunakan wajan yang sudah hangus

Penggunaan wajan non-stick memiliki batas umur yang akan habis dan juga lapisan anti lengketnya akan mengalami hangus seiring dengan berjalannya waktu. Jika pada wajan ini sudah tidak ada lapisan anti lengketnya, wajan akan menjadi lebih rentan untuk memicu munculnya kerak.

Wajan yang sudah hangus atau sudah tidak layak pakai, biasanya memiliki permukaan yang tidak rasa dan mudah menempel. Sehingga akan sulit untuk digunakan ketika memasak dan menghasilkan masakan yang tidak matang dengan merata atau bahkan gosong.

Tidak hanya itu, penggunaan wajan yang sudah hangus atau tidak layak pakai juga dapat mengakibatkan kompor menjadi rusak.

6. Membersihkan wajan dengan cara yang tidak benar

Membersihkan wajan dengan menggunakan pembersih yang tidak sesuai dapat mengakibatkan munculnya kerak dan rusaknya lapisan anti lengket pada permukaan wajan.

Apabila residu masakan pada wajan tidak bersih terbuang, hal ini juga menjadi penyebab makanan menempel pada wajan, sehingga wajan akan sulit untuk digunakan kembali.

Residu yang tertinggal pada wajan harus segera di bersihkan dengan menggunakan metode dan pembersih yang benar dan sesuai, agar residu tersebut tidak menjadi pemicu munculnya kerak pada permukaan wajan.

Lalu, apa sih produk pembersih yang cocok di gunakan untuk menghilangkan residu masakan dan kerak pada wajan?

A-Wash Detergent Super solusinya.

Wajan Gosong Jadi Glowing
Wajan Gosong Jadi Glowing

A-Wash Detergent Super

Deterjen ini sangat cocok untuk menghilangkan residu dan kerak pada wajan, sebab A-Wash Detergent Super memiliki formulasi bahan aktif yang mampu dalam mengangkat dan menghilangkan noda-noda membandel pada wajan.

Selain itu, penggunaan A-Wash Detergent Super tidak meninggalkan residu sehingga deterjen ini sangat ramah lingkungan.

A-Wash Detergent Super juga dapat digunakan sebagai pembersih lainnya yaitu :

  • Dapat di gunakan sebagai pembersih pakaian
  • Digunakan sebagai pembersih handuk
  • Digunakan sebagai deterjen pembersih korden
  • Dapat membersihkan noda menguning pada mukena
  • Dapat juga di gunakan untuk membersihkan mesin cuci

Nah itu tadi adalah manfaat A-Wash Detergent Super yang tidak hanya dapat di gunakan sebagai pembersih noda kerak pada wajan. Gimana nih tertarik buat nyobain A-Wash Detergent Super? Yuk segera beli.

Kamu dapat mengunjungi kontak atau media social kami untuk mendapatkan informasi pemesanan dan informasi lebih lanjut tentang produk A-Wash Detergent Super.

Telp / Whatsapp : https://wa.me/628112829100

Instagram : @a.wash_deterjensuper

Tiktok : @a_wash.deterjen