5 Tips Rawat Bahan Rayon

Tips rawat bahan rayon
Tips rawat bahan rayon

5 Tips Rawat Bahan Rayon – Saat ini banyak pakaian yang dibuat dari bahan rayon. Bahan rayon sendiri memiliki karakteristik tekstur yang halus, lembut serta permukaan yang licin.

Bahan rayon juga memiliki daya serap yang tinggi seperti bahan katun. Ini lah mengapa bahan rayon banyak digunakan untuk membuat sebuah pakaian.

Namun, bahan rayon memiliki daya tahan yang cenderung rendah. Kelebihan bahan rayon adalah tidak mudah kusut dan berkilau serta memberikan rasa sejuk ketika dipakai.

Biasanya bahan rayon digunakan untuk membuat daster, kemeja, kain, jaket, dan masih banyak lagi. Selain untuk bahan pakaian, bahan rayon juga sering digunakan untuk membuat sprei, tirai, dan selimut.

Beberapa alasan penggunaan bahan rayon untuk keperluan tekstil adalah karena bahan yang ringan sehingga nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Harga yang murah juga membuat produsen tesktil menggunakan bahan rayon banyak digunakan daripada jenis kain yang lainnya.

Namun bahan rayon juga memiliki kekurangan yaitu mudah berbau karena daya serap yang cukup tinggi membuat keringat yang terserap di baju menimbulkan bau tak sedap.

Selain itu, rayon juga bersifat mudah menyusut sebab berasal dari tumbuhan sehingga kainnya sensitif. Maka diperlukan perawatan yang hati-hati dalam merawat pakaian berbahan rayon.

Untuk itu ada baiknya menyimak artikel berikut tentang tips rawat bahan rayon agar tetap awet dan tahan lama.

1. Usahakan cuci dengan tangan

Tips rawat bahan rayom
Mencuci pakaian dengan tangan

Tips rawat bahan rayon yang pertama adalah dengan mencuci pakaian manual menggunakan tangan. Hindari menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian atau kain yang berbahan rayon.

Serat rayon yang sensitif dan mudah rusak membuat bahan ini harus dicuci manual dengan menggunakan tangan. Sebab menggunakan mesin cuci akan membuat permukaan pakaian berbahan rayon koyak.

Terlebih saat mencampur pakaian rayon dengan pakaian yang memiliki resleting. Penutup resleting yang keras bisa merobek kain berbahan rayon.

Untuk itu, disarankan mencuci pakaian berbahan rayon dengan menggunakan tangan serta memisahkannya dari pakaian lain saat dicuci guna meminimalisir kerusakan pada bahan rayon.

2.Hindari menyikat baju berbahan rayon

Hindari menyikat bahan rayon
Hindari menyikat bahan rayon

Tips rawat bahan rayon berikutnya adalah hindari menyikat pakaian atau kain yang berbahan rayon. Sebab sikat terbuat dari plastik yang cukup keras dan kaku sehingga bisa merusak serat pakaian rayon.

Sebagai gantinya, Moms bisa mengucek pakaian berbahan rayon dengan lembut dan perlahan. Sehingga hal ini meminimalisir peluang serat rayon rusak.

Meskipun mengucek pakaian membuat waktu mencuci menjadi lama namun hal ini akan membuat pakaian rayon menjadi awet dan tahan lama.

Nah mulai saat ini hindari menyikat pakaian berbahan rayon dan gunakan teknik mengucek untuk menghilangkan noda yang ada di pakaian.

3. Hindari penggunaan pemutih

Tips rawat bahan rayon
Hindari penggunaan pemutih

Tips rawat bahan rayon selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan pemutih untuk menghilangkan noda yang ada di baju.

Kebiasaan menggunakan cairan pemutih pada saat mencuci justru bisa merusak pakaian. Hal ini dikarenakan cairan pemutih memiliki kandungan yang bisa merusak serat pakaian seperti membuat pakaian menjadi lebih tipis atau warna menjadi memudar.

Sebagai gantinya, Moms bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan noda membandel yang ada di pakaian. Seperti menggunakan baking soda atau perasan air lemon untuk menyingkirkan noda-noda tersebut.

Tak hanya membuat pakaian menjadi lebih aman, menggunakan bahan-bahan alami untuk mencuci juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli cairan pemutih.

4.Keringkan di luar ruangan

Tips rawat bahan rayon
Jemur di luar ruangan

Tips rawat bahan rayon selanjutnya adalah mengeringkan pakaian di luar ruangan tepatnya di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Menjemur pakaian berbahan rayon di tempat yang teduh bisa merawat serat rayon agar tetap awet dan tahan lama. Selain itu, menjemur pakaian rayon di tempat yang teduh bisa menjaga warna pakaian agar tidak cepat pudar.

Alasan menjemur pakaian di tempat yang teduh adalah untuk menghindari sinar matahari meresap ke dalam serat pakaian dan membuat pigmen warna memudar. Jika dilakukan secara terus menerus, hal ini akan merusak dan menghilangkan warna pakaian.

5. Gunakan suhu rendah saat menyetrika

Tips rawat bahan rayon
Gunakan suhu rendah

Tips rawat bahan rayon selanjutnya yaitu mengatur suhu rendah pada saat menyetrika pakaian berbahan rayon. Pada saat menyetrika pakaian, atur suhu di angka yang sedang atau rendah.

Penggunaan suhu yang rendah bertujuan untuk menjaga serat kain rayon agar tidak rusak. Sebab suhu setrika yang terlalu panas akan membuat pakaian rayon berubah warna menjadi kekuningan.

Selain itu, disarankan untuk melapisi kain antara permukaan setrika dan kain rayon pada saat menyetrika. Hal ini dilakukan untuk menghindari suhu panas menyerap ke pakaian rayon secara langsung.

Sehingga pakaian rayon yang kita miliki lebih awet dan tahan lama.

Nah Moms, itu lah tips rawat bahan rayon yang bisa diikuti di rumah masing-masing.

Jangan lupa untuk menggunakan A Wash Detergent untuk segala kebutuhan mencuci. Noda membandel yang sulit dihilangkan akan hilang engan cepat dengan menggunakan A Wash Detergent.

Kunjungi Home Website dan Instagram kami untuk tahu update terbaru tentang A Wash Detergent.

Hubungi kami di WhatsApp terkait pemesanan lebih lanjut.