5 Tips Merawat Mukenah Agar Tidak Berjamur

Tips merawat mukenah
Tips merawat mukenah

5 Tips Merawat Mukenah Agar Tidak Berjamur – Mukenah menjadi busana yang selalu digunakan muslimah saat menjalankan ibadah shalat. Saat ini mukenah memiliki berbagai macam jenis baik dari bahan, warna, motif dan bentuknya.

Adanya berbagai macam jenis mukenah memberikan kebebasan bagi muslimah. Mereka bisa memilih mukenah sesuai dengan keinginan dan selera mereka.

Tetapi permasalahan tentang mukenah selalu ada dan tak lepas dari jamur yang muncul di mukenah. Terlebih di bagian atas yang sering terkena sisa air wudhu yang ada di rambut.

Tak hanya itu saja, banyak orang yang salah langkah dalam menyimpan dan merawat mukenah. Akibatnya mukenah yang dipakai lebih cepat dan rawan berjamur.

Seringkali situasi ini membuat kita kesal karena mukenah menjadi cepat berjamur dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Nah Moms, tenang saja karena artikel ini akan membahas tips merawat mukenah agar tidak berjamur.

Yuk simak beberapa tips merawat mukenah berikut.

1. Keringkan wajah dan rambut sebelum memakai mukenah

Tips merawat mukena

Tips merawat mukenah agar tidak berjamur yang pertama adalah mengeringkan wajah dan rambut terlebih dahulu. Sebaiknya pada saat hendak memakai mukenah, keringkan wajah dan rambut yang basah setelah berwudhu.

Hal ini dikarenakan sisa air wudhu yang ada di mukenah menyebabkan kain menjadi lembab. Apabila hal ini dilakukan secara terus menerus, kain yang lembab akan menjadi tempat perkembangbiakan jamur.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengeringkan wajah dan rambut sebelum memakai mukenah. Bisa dengan mengeringkan wajah dan rambut dengan handuk atau mengangin-anginkannya sejenak.

Tips ini dilakukan untuk meminimalisir tumbuhnya jamur di kain mukenah.

2. Simpan mukenah dengan menggantungnya

Tips merawat mukenah

Tips merawat mukenah yang kedua adalah menyimpan mukenah dengan cara digantung.

Sebagian besar orang yang melakukan kesalahan dalam menyimpan mukenah yaitu dengan melipat mukenah setelah digunakan.

Padahal tindakan tersebut bisa membuat mukenah berjamur, lho. Hal ini dikarenakan mukenah yang dilipat tidak mendapatkan angin dan membuat kain mukenah menjadi lembab.

Seperti yang kita tahu, suhu yang lembab bisa menyebabkan kain menjadi rawan berjamur. Sedangkan jika mukenah disimpan dengan digantung, kain mukenah akan mendapat angin dan sirkulasi udara yang baik.

Untuk itu ada baiknya untuk menyimpan mukenah dengan cara digantung. Sediakan hanger untuk menggantung mukenah apabila selesai digunakan.

3. Rutin mencuci mukenah

Tips merawat mukenah

Tips merawat mukenah berikutnya adalah rutin mencuci mukenah yang kotor. Hal ini dikarenakan mukenah yang kotor menjadi tempat favorit bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

Jangka waktu yang disarankan untuk mencuci mukenah adalah setiap dua minggu sekali. Mencuci mukenah secara rutin dalam jangka waktu tersebut bisa membuat mukenah selalu bersih dan nyaman ketika digunakan.

Mencuci mukenah bisa dilakukan dengan memisahkan mukenah dari kain cucian lainnya. Hal ini dilakukan agar warna mukenah tidak memudar dan tidak terkena lunturan pakaian lain.

Disarankan untuk mencuci mukenah menggunakan tangan. Mencuci mukenah dengan mesin cuci dikhawatirkan bisa merusak serat kain mukenah yang lembut.

4. Setrika Dengan Suhu Sedang

Tips merawat mukenah

Tips merawat mukenah selanjutnya yaitu menyetrika mukenah di suhu yang sedang. Suhu setrika yang terlalu panas bisa merusak serat kain mukenah.

Bagi kain mukenah yang berbahan rayon, suhu setrika yang terlalu panas akan membuat warna menjadi lebih cepat pudar.

Pada mukenah traveling yang kebanyakan menggunakan bahan parasut, suhu setrika yang terlalu panas bisa menyebabkan mukenah rusak. Ini bahan parasut memiliki karakteristik yang tipis sehingga cepat rusak apabila disetrika dengan suhu yang terlalu panas.

5. Gunakan A Wash Detergent

Tips merawat mukenah

Tips merawat mukenah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan A Wash Detergent. Jika mukenah milikmu terlanjur berjamur dan rasanya sayang untuk membeli baru, A Wash Detergent bisa diandalkan.

A Wash Detergent merupakan deterjen yang bisa menghilangkan berbagai jenis noda membandel yang di pakaian. Bahkan jamur yang ada di kain juga bisa dihilangkan dengan deterjen yang satu ini, lho.

Caranya pun cukup mudah yaitu seperti ini :

  1. Siapkan wadah berukuran sedang dan air yang mendidih.
  2. Taburkan dua sendok makan bubuk A Wash Detergent.
  3. Kemudian letakkan mukenah yang berjamur di wadah yang telah diisi larutan air dan bubuk A Wash Detergent tadi.
  4. Pastikan seluruh bagian mukenah terendam dengan larutan tadi.
  5. Diamkan selama 15-60 menit selama larutan bekerja menghilangkan jamur.
  6. Jika sudah, angkat mukenah kemudian bilas dengan air dingin.
  7. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan mencuci mukenah seperti biasa.

Mudah bukan membersihkan jamur mukenah dengan A Wash Detergent? Ini saatnya Moms membuktikan jagonya A Wash Detergent bersihkan noda dan jamur yang ada di kain, pakaian, ataupun mukenah di rumah.

Dengan A Wash Detergent, semua jenis noda bandel yang ada di kain bisa hilang seketika.

Yuk cek Home Website dan Instagram kami untuk tahu informasi dan update terbaru tentang A Wash detergent.

Moms juga bisa hubungi kami di WhatsApp terkait pemesanan A Wash Detergent.