Solusi Handuk Tetap Bersih dan Tahan Lama

Solusi Handuk Tetap Bersih dan Tahan Lama – Handuk merupakan salah satu barang yang penting keberadaannya. Sebab, handuk menjadi salah satu barang yang sering digunakan.

Keberadaan handuk di rumah sering digunakan dalam hal mengeringkan tubuh atau muka setelah mandi.

Meskipun handuk menjadi barang yang penting, namun sayangnya kita sering salah dalam merawat dan memperlakukannya. Padahal jika perawatan handuk dilakukan dengan tidak benar, dapat menyebabkan kotoran akan menumpuk dan handuk yang kita gunakan akan memicu timbulnya penyakit.

Lalu apa sih penyebab handuk yang kita gunakan menjadi berjamur dan banyak bakteri? Yuk segera simak artikel ini!!!

Solusi Handuk Tetap Bersih dan Tahan Lama
Solusi Handuk Tetap Bersih dan Tahan Lama

Penyebab Handuk Apek dan Berjamur

Dua masalah ini sering kali terjadi karena kesalahan perawatan dan penyimpanan, seperti kebiasaan menyimpan handuk dalam keadaan yang masih basah.

Selain itu, beberapa hal lain juga dapat menjadi penyebab handuk apek dan berjamur.

Berikut adalah penyebab handuk menjadi apek dan berjamur:

1. Meninggalkan handuk terlalu lama di dalam mesin cuci

Siapa nih yang masih sering meninggalkan handuk di mesin cuci setiap selesai mencuci?

Tahukah kamu, bahwa meninggalkan handuk tetap di dalam mesin cuci sangat berbahaya loh. Sebab, kondisi di dalam mesin cuci yang lembab dapat memicu bau apek dan mendukung pertumbuhan jamur. Jadi harus selalu pastikan untuk mengeluarkan handuk saat proses pencucian selesai ya!!

2. Terlalu banyak residu detergen dan pelembut yang menumpuk

Penggunaan detergen yang diketahui banyak dalam proses pencucian dapat membuat handuk akan sulit untuk dicuci.

Residu akibat detergen akan menumpuk dan membuat banyak kotoran, sehingga hal tersebut dapat memicu tumbuhnya bakteri penyebab bau apek.

Selain itu, pelembut kain mengandung banyak kandungan minyak yang dapat menjadi penyumbat kotoran, bakteri, dan jamur penyebab bau apek.

3. Kondisi mesin cuci kotor

Penyebab lain dari handuk bau apek dan berjam-jam yang perlu diperhatikan adalah kebersihan mesin cuci yang kamu gunakan.

Kondisi di dalam mesin cuci pastinya lembab dan juga kotor, hal inilah yang dapat menjadi pertumbuhan jamur, sehingga mengakibatkan handuk menjadi jamur dan mengeluarkan bau apek. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kebersihan mesin cuci sebelum dipakai.

Lalu apabila handuk sudah berjamur dan bau apek, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Merawat Handuk Agar Tetap Lembut dan Tidak Bau Apek

Cara perawatan handuk sebenarnya tidaklah sulit, kamu hanya perlu memperhatikan penyimpanan dan proses pencuciannya agar kebersihan dan ketahanan kain pada handuk tetap terjaga.

Selain itu, cara yang dapat digunakan untuk menjaga ketahanan kain handuk adalah dengan menghindari hal-hal yang menjadi penyebab handuk mengeluarkan bau apek dan berjam-jam.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengikuti sejumlah cara yang dapat digunakan untuk merawat handuk agar tidak apek dan berjam-jam.

Berikut merupakan cara yang dapat kamu gunakan:

1. Cuci handuk secara rutin

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membiasakan mencuci handuk secara rutin agar kebersihan handuk tetap terjaga dan terbebas dari pertumbuhan jamur.

2. Cuci handuk secara terpisah

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencuci handuk secara terpisah.

Pastikan kamu tidak mencampur handuk dengan pakaian lain ketika proses pencucian.

Pasal, mencuci handuk secara bersamaan dengan pakaian lain dapat menyebabkan kain pada handuk rentan rusak, karena keduanya terbuat dengan bahan yang berbeda.

3. Jemur handuk hingga kering

Poin paling penting untuk menjaga handuk tetap awet dan lembut adalah dengan memastikan handuk yang kamu gunakan kering.

Cara terbaik untuk mengeringkan handuk yang basah yaitu dengan cara dijemur pada tempat yang terkena pancaran cahaya matahari.

4. Gunakan deterjen sesuai dengan kebutuhan

Penggunaan deterjen yang terlalu banyak bukannya membuat handuk yang kita cuci menjadi bersih maksimal. Namun sebaliknya, penggunaan deterjen yang berlebihan justru akan membuat residunya menumpuk, sehingga menyebabkan berjamur dan berbau apek.

5. Hindari menyimpan handuk di kamar mandi

Meninggalkan handuk di kamar mandi pasti selalu menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihindari. Padahal hal tersebut merupakan sesuatu yang dapat memicu tumbuhnya jamur, karena kondisi kamar mandi yang lembab.

6. Jangan menunda mencuci handuk yang kotor

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan tidak menunda mencuci handuk yang kotor. Hal tersebut ditunjukkan agar kuman yang menempel pada handuk dapat segera dibersihkan.

Namun sebelum itu, kamu harus mengeringkan handuk terlebih dahulu untuk menghindari bau apek pada handuk.

Nah itulah hal penting yang harus kamu perhatikan dalam merawat ketahanan dan menjaga kebersihan handuk. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan deterjen yang tepat untuk membersihkan dan mengangkat jamur pada handuk.

Apa sih deterjen yang dapat digunakan untuk mengangkat dan membersihkan jamur pada handuk?

Kamu dapat menggunakan A-Wash Detergent Super sebagai deterjen yang dapat digunakan untuk membersihkan jamur pada handuk.

Detergen A-Wash
Detergen A-Wash

Deterjen A-Wash Super

A-Wash Detergent Super merupakan deterjen bubuk kekinian yang dapat digunakan untuk membersihkan pakaian maupun handuk.

A-Wash Detergent Super diformulasikan dengan bahan aktif yang dapat mengangkat dan membersihkan jamur dan membandel noda-noda. Tidak hanya itu, bahan aktif yang ada pada deterjen ini juga akan menguap ketika terkena udara, sehingga tidak meninggalkan residu yang aman pada lingkungan.

Yuk buruan beli A-Wash Detergent Super!!!

Anda dapat menghubungi dan mengunjungi kontak atau media sosial kami untuk mendapatkan informasi terkait A-Wash Detergent Super .

Telp / Whatsapp : https://wa.me/628112829100

Instagram : @a.wash_deterjensuper

Tiktok : @a_wash.deterjen