Solusi Cerdas Mengatasi Noda Keringat pada Pakaian Sehari-hari

Solusi Cerdas Mengatasi Noda Keringat pada Pakaian Sehari-hari – Keringat adalah cairan alami tubuh yang mengandung air, garam dan lemak. Tubuh manusia mempunyai tiga hingga empat juta kelenjar keringat yang tersebar di seluruh bagian tubuh. Tetapi, kelenjar keringat lebih banyak terdapat pada bagian tubuh tertentu, seperti ketiak, telapak tangan dan telapak kaki. 

Ketika tubuh kalian berkeringat, kandungan pada keringat akan menempel di pakaian yang kalian kenakan. Selain karena keringat, noda pada pakaian juga bisa disebabkan oleh produk yang digunakan untuk mengurangi tubuh berkeringat, seperti deodoran dan antiperspiran. 

Antiperspiran digunakan untuk membantu kalian mengurangi seberapa banyaknya kalian berkeringat. Namun, antiperspiran dapat menyebabkan perubahan warna pada pakaian yang kalian kenakan. Keringat bisa bereaksi dengan bahan yang ditemukan dalam deodoran atau antiperspiran, seperti aluminium dan zirkonium.

Zat aluminium dalam deodoran berguna untuk menahan saluran keringat, sehingga mengurangi banyaknya keringat yang keluar dari dalam tubuh. Reaksi keringat dengan bahan tersebut akan membentuk bekas atau noda pada pakaian dari waktu ke waktu. Kalian tidak perlu bingung, noda keringat pada pakaian bisa dihilangkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

 

Cara Menghilangkan Noda Keringat pada Pakaian

1. Oleskan Deterjen Cair

Deterjen cair bisa menghilangkan noda keringat di pakaian apabila digunakan secara tepat. Cara mengaplikasikannya, oleskan deterjen cair ke area pakaian yang terkena noda keringat. Lalu, gosokkan deterjen secara lembut ke noda tersebut. Diamkan selama 30 menit. Jika sudah, cuci pakaian menggunakan deterjen. Terakhir, bilas pakaian hingga bersih. 

 

2. Gunakan Baking Soda

Baking soda memang memiliki banyak manfaat. Baik untuk memasak, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya seperti menghilangkan noda membandel. Jika pakaian kalian terkena noda keringat, kalian bisa menggunakan baking soda untuk membersihkannya. 

Cara menggunakannya, campurkan 1 sendok makan baking soda dengan air secukupnya hingga menyerupai pasta. Lalu, oleskan pasta tersebut ke area pakaian yang terkena noda keringat. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci pakaian menggunakan deterjen. Bilas pakaian hingga bersih.  

 

3. Bersihkan dengan Cuka

Cara membersihkan noda keringat di pakaian berikutnya adalah dengan cuka. Cuka mampu menghilangkan noda dan bau tidak sedap. 

Cara membersihkan noda keringat dengan cuka yaitu, campurkan 1 sendok makan cuka dengan ½ cangkir air. Lalu, celupkan spons ke dalam campuran cuka. Oleskan campuran tersebut ke area pakaian yang terkena noda keringat. Kemudian, cuci pakaian menggunakan deterjen dan bilas dengan air bersih.

 

4. Gunakan Garam 

Membersihkan noda keringat pada pakaian bisa menggunakan bahan dapur, yaitu garam. Kalian hanya perlu merendam pakaian dengan garam yang sudah dilarutkan dengan air hangat. Zat yang terkandung di dalam garam bisa melepaskan noda keringat pada pakaian.

 

5. Bersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Apabila pakaian kalian terkena noda keringat, kalian bisa membersihkannya dengan sabun cuci piring. Cara mengaplikasikannya, kalian bisa mencampurkan sabun cuci piring dengan hidrogen peroksida. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke bagian pakaian yang bernoda. Diamkan selama beberapa menit. Cuci menggunakan deterjen dan bilas dengan air hingga bersih. 

 

6. Gunakan Perasan Air Lemon

Perasan air lemon tidak hanya berfungsi untuk mencerahkan pakaian, tetapi juga bisa untuk menghilangkan berbagai macam noda, termasuk noda keringat. 

Cara menggunakannya yaitu, peras lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan air. Oleskan perasan air lemon ke area pakaian yang terkena noda keringat dan biarkan selama 60 menit di bawah sinar matahari. Kemudian, cuci pakaian seperti biasa. 

 

7. Gunakan Aspirin

Aspirin umumnya digunakan sebagai obat untuk meredakan demam, peradangan dan nyeri. Tetapi, ternyata aspirin juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda keringat pada pakaian. 

Cara membersihkan noda keringat dengan aspirin yaitu, haluskan 2 tablet aspirin, lalu tuangkan air untuk melarutkannya. Setelah itu, oleskan aspirin pada bagian pakaian yang terkena noda keringat. Diamkan selama 3 jam. Cuci pakaian dengan air dingin dan bilas pakaian hingga bersih. 

 

8. Gunakan Pemutih Pakaian

Berikutnya kalian bisa menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan noda keringat pada pakaian. 

Cara menggunakannya, cuci pakaian kalian menggunakan deterjen terlebih dahulu. Setelah itu, rendam pakaian ke dalam larutan air yang sudah diberi pemutih pakaian. Rendam selama 30 menit. Kemudian, bilas menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih. 

 

9. Gunakan Soda Bikarbonat

Soda bikarbonat adalah bahan kimia yang dipercaya mampu menghilangkan noda keringat yang baru menempel pada pakaian. 

Cara membersihkan noda keringat dengan soda bikarbonat yaitu, kalian hanya perlu merendam pakaian dengan larutan soda bikarbonat selama 30 menit. Setelah direndam, cuci pakaian menggunakan deterjen. Bilas pakaian dengan air bersih. 

 

Itulah ulasan seputar cara menghilangkan noda keringat pada pakaian yang bisa kalian coba. Menghilangkan noda keringat yang menempel pada pakaian merupakan hal yang penting, supaya tidak mengganggu penampilan dan kalian akan tampil lebih percaya diri. 

Kalian bisa memakai produk deterjen dari kami, yaitu Deterjen A-WASH. Deterjen A-WASH ampuh untuk menghilangkan noda membandel, seperti noda keringat di pakaian. Deterjen ini juga bebas dari bahan kimia, karena dibuat dari bahan ramah lingkungan. Jika kalian penasaran dan ingin mencobanya, silahkan kunjungi Website dan WhatsApp kami di bawah ini:

Website 

WhatsApp