3 Penyebab Handuk Berbau Tak Sedap

3 Penyebab Handuk Berbau Tak Sedap
Penyebab handuk berbau tak sedap

3 Penyebab Handuk Berbau Tak Sedap – Handuk merupakan sebuah kain tebal dan lembut yang bisa digunakan untuk mengeringkan tubuh sesaat setelah mandi atau tubuh dalam keadaan basah.

Adanya handuk membantu banyak orang untuk mengeringkan tubuh dengan cepat dan tanpa harus ribet. Cukup dengan menggosokkan handuk ke seluruh bagian tubuh maka handuk akan menyerap sisa air yang ada di tubuh.

Maka tak heran jika setiap orang memiliki handuk karena fungsinya yang sangat membantu untuk mengeringkan tubuh.

Bahkan saat ini tersedia juga handuk yang berukuran kecil dan bisa dibawa kemana saja. Handuk kecil ini juga sangat membantu mereka yang berkeringat apabila sedang beraktivitas di luar ruangan.

Bagaimana tidak? Hanya cukup bawa handuk kecil kemudian usapkan ke leher atau wajah apabila berkeringat. Tentunya ini akan menghilangkan keringat yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun karena fungsinya yang digunakan sebagai pengering tubuh, handuk biasanya memiliki banyak bakteri akibat suhu yang lembab. Bakteri tersebut akan tumbuh dan menimbulkan bau tak sedap.

Bau tak sedap di handuk akan sangat menganggu ketika kita sedang memakai handuk sehingga kita merasa malas apabila mengeringkan tubuh dengan menggunakan handuk.

Selain suhu yang lembab, ada beberapa penyebab lain yang membuat handuk berbau apek.

Apa saja penyebab handuk berbau tak sedap itu?

Mari simak artikel ini untuk tahu apa saja penyebab handuk berbau tak sedap.

Terdapat sisa deterjen

3 Penyebab Handuk Berbau Tak Sedap
Terdapat sisa deterjen di handuk

Penyebab handuk berbau tak sedap yang pertama adalah karena adanya sisa deterjen yang menempel di handuk.

Handuk yang kotor biasanya dicuci dengan deterjen guna menghilangkan kotoran lebih cepat dan maksimal.

Namun saat mencuci handuk, beberapa orang seringkali tidak mengecek kembali apakah cucian sudah bersih maksimal atau belum. Bukan hanya kotoran yang hilang namun sisa deterjen yang masih ada di cucian juga perlu diperhatikan.

Hal ini dikarenakan sisa deterjen yang tidak dibersihkan dengan maksimal dan menempel terus di handuk akan menjadi residu yang dapat merusak serat kain handuk.

Residu deterjen di handuk bersifat menarik kembali kotoran. Lama kelamaan, residu akan terus menumpuk dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

Bakteri dari residu deterjen yang menempel di handuk juga dapat menimbulkan bau tak sedap di handuk. Sehingga sisa deterjen yang ada di handuk harus dibersihkan dengan maksimal.

Maka dari itu, apabila mencuci handuk dengan deterjen disarankan untuk menggunakan deterjen secukupnya saja.

Bisa juga dengan menggunakan sendok takar sehingga jumlah deterjen yang dipakai untuk mencuci tidak over atau berlebih.

Begitu juga saat menggunakan pelembut handuk, gunakan pelembut secukupnya agar tidak menimbulkan residu di handuk. Sebab residu dari pelembut juga memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau tak sedap.

Dan jangan lupa untuk selalu memastikan jika tidak ada sisa deterjen di handuk setelah dicuci.

Membiarkan handuk di dalam mesin cuci

3 Penyebab Handuk Berbau Tak Sedap
Meletakkan handuk terlalu lama di mesin cuci

Penyebab handuk berbau tak sedap berikutnya sangat sering dilakukan. Bahkan ada juga yang menganggap jika kebiasaan ini sering dianggap wajar.

Kebiasaan tersebut adalah membiarkan handuk di dalam mesin cuci dalam waktu yang lama. Apakah kamu pernah melakukannya? Atau malah sering?

Jika iya, kurangi kebiasaan membiarkan handuk di dalam mesin cuci, ya.

Sebab handuk yang dibiarkan di dalam mesin cuci terlalu lama akan menyebabkan handuk berada di tempat yang bersuhu lembab. Sedangkan suhu lembab merupakam tempat favorit bagi bakteri untuk berkembang biak.

Bakteri tersebut lama kelamaan akan memicu bau tak sedap di handuk.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengangkat handuk secara langsung setelah selesai dicuci. Jangan membiarkan handuk terlalu lama di mesin cuci karena meningkatkan risiko handuk berbau tak sedap walaupun sudah dicuci dan diberi pewangi.

Kondisi mesin cuci kotor

3 Penyebab Handuk Berbau Tak Sedap
Isi mesin cuci kotor

Penyebab handuk berbau tak sedap selanjutnya adalah kondisi mesin cuci yang kotor.

Walaupun mesin cuci menjadi alat pembersih kain dari noda dengan waktu yang singkat, hal ini tidak menutup kemungkinan jika mesin cuci juga bisa kotor.

Justru mesin cuci lebih rawan kotor akibat kotoran yang menempel di baju pastinya akan berpindah ke tabung mesin cuci.

Jika tidak dibersihkan, kotoran tersebut akan berubah menjadi bakteri yang menyebabkan bau tak sedap di handuk. Tak hanya itu saja, baju atau kain yang dicuci di mesin cuci pun tidak bersih dengan maksimal.

Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan mesin cuci. Caranya cukup mudah yaitu isi mesin cuci dengan air kemudian putar nyalakan mesin cuci dan tunggu hingga mesin cuci berhenti. Setelah itu, buang air sisa proses pembersihan mesin cuci.

Nah dari penjelasan di atas, pastinya kamu lebih mengetahui tentang penyebab handuk berbau tak sedap. Adakah penyebab handuk berbau tak sedap yang pernah kamu lakukan?

Jika handuk milikmu terlanjur berbau apek, maka segera cuci dengan baik dan benar.

Kamu bisa mencuci handuk tersebut menggunakan A Wash Detergent, dijamin bakteri penyebab handuk berbau tak sedap hilang seketika.

Informasi terkait A Wash Detergent bisa dilihat di Website dan Instagram.

Hubungi kami du WhatsApp.