Ini Dia Cara Pemilihan Rok Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

Ini Dia Cara Pemilihan Rok Sesuai Dengan Bentuk Tubuh- Rok merupakan pakaian yang melingkari pinggang dan jatuh bebas ke bawah, pada umumnya dikenakan oleh wanita. Mary Quant wanita kelahiran kent, inggris pada tahun 1955 yang memperkenalkan rok kepada masyarakat. Rok sendiri adalah salah satu model pakaian yang paling umum dan populer di dunia, pada zaman dulu rok bisa dikenakan oleh siapa saja termasuk lelaki. Fashion item tertua salah satunya ada rok yang sudah ada sejak zaman prasejarah, bahkan sebelum manusia mengenal penjahitan. Rok berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin, hujan, maupun panas. Sejumlah manuskrip kuno yang ditemukan di Mesir menunjukan bahwa raja-raja pada zaman dulu sering menggunakan rok sebagai pakaian sehari-hari. Material yang digunakan untuk membuat rok biasanya kain yang ringan dan tipis, sehingga cocok untuk suhu Mesir yang panas.

 

Cara Pemilihan Rok sesuai Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh manusia sangat beragam mulai dari yang gendut, kurus, tinggi, dan masih banyak lainnya. Masih banyak sekali orang yang belum tahu cara memilih rok sesuai bentuk tubuhnya sehingga pada saat dikenakan roknya terlihat sangat tidak menyatu dengan bentuk tubuhnya. Nah, itu menghindari hal itu mari simak cara pemilihan rok dibawah ini.

 

1. Tubuh Lurus

Umumnya bentuk tubuh ini memiliki postur yang tegak dan sejajar. Ini meliputi posisi bahu, kepala, pinggang, dan kaki yang sejajar satu sama lain. Pada posisi ini, tulang belakang biasanya berada dalam posisi yang alami dan tidak melengkung secara berlebihan. Postur tubuh lurus memiliki manfaat untuk otot dan tulang belakang, serta dapat meningkatkan penampilan fisik. Untuk menambah volume dan memberikan kesan lebih menarik pada tubuh bisa mengenakan rok seperti A-Line Skirt, dengan potongan A-line yang melebar perlahan dari pinggang hingga ke bawah dapat memberikan kesan pinggang yang lebih ramping. Selanjutnya menggunakan rok dengan detail di pinggang dapat menambah dimensi dan memberikan kesan pinggang yang lebih kecil. Kemudian ada rok lipit (wrap skirt) yang dapat memberikan tampilan lebih feminim dan menonjolkan bentuk tubuh dengan memberikan aksen pada pinggang. Penting untuk memilih rok dengan panjang yang sesuai dengan preferensi pribadi dan acara yang akan dihadiri. Padu padankan rok dengan atasan yang sesuai untuk menciptakan tampilan yang seimbang dan sesuai dengan bentuk tubuh.

 

2. Tubuh Gelas/Jam Pasir

Bentuk tubuh gelas atau hourglass memiliki ciri-ciri utama seperti proporsi tubuh yang seimbang antara bagian atas dan bawah, dengan pinggang yang lebih sempit yang menciptakan kesan menyerupai seperti jam pasir. Ciri lain ada bahu dan pinggul yang sejajar, memiliki lebar yang relatif seimbang menciptakan garis tubuh yang simetris. Bentuk tubuh hourglass sering dianggap sebagai tubuh yang banyak diinginkan oleh orang banyak karena memiliki kesan proporsi tubuh yang ideal. Pilihan pakaian yang menonjolkan pinggang yang sempit seringkali cocok untuk orang dengan bentuk tubuh ini. Rok yang cocok untuk bentuk tubuh hourglass

ada rok pensil yang bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh dengan ketat terutama di area pinggang sehingga menonjolkan kurva alami tubuh hourglass. Rok dengan pita, sabuk, atau detail lainnya di area pinggang dapat menambahkan sentuhan menarik dan menonjolkan pinggang. Hindari penggunaan rok yang terlalu longgar atau tampak kebesaran karena dapat merusak proporsi alami tubuh hourglass. Pilihlah pakaian yang memberikan penekanan pada pinggang dan menonjolkan keindahan bentuk alami dari tubuh.

 

3. Tubuh Buah Pir

Bentuk buah pir/pear shaped sering disebut juga sebagai bentuk tubuh segi empat terbalik. Ciri utama bentuk tubuh ini adalah pinggul yang lebih lebar dibandingkan dengan bahu dan dada yang cenderung lebih kecil. Pinggul lebar pada bentuk tubuh pear shaped cenderung lebih lebar dan dominan dibandingkan dengan bagian atas tubuh. Bahu dan dada yang cenderung lebih sempit dan kurang menonjol dibandingkan dengan bagian bawah tubuh, betisnya cenderung proporsional dengan bagian bawah tubuh yang lebih lebar. Untuk memilih pakaian yang cocok dengan bentuk tubuh buah pir, penting untuk menonjolkan pada bagian atas tubuh dan menciptakan keseimbangan visual. Beberapa pilihan pakaian yang bisa dipertimbangkan termasuk atasan yang menarik perhatian, rok atau celana dengan potongan yang mendukung bentuk tubuh, dan pakaian yang memberikan definisi pada pinggang. Pakaian dengan aksen di bagian atas atau potongan asimetris juga bisa membantu menciptakan keseimbangan sepadan pada  bentuk tubuh buah pir. Untuk pemilihan rok memfokuskan dengan proporsi tubuh dengan menonjolkan bagian atas dan menciptakan ilusi pinggang yang lebih sempit dapat menjadi kunci. Rok yang cocok dengan tubuh buah pir ada rok midi atau maxi dikarenakan rok dengan panjang midi atau maxi dapat menciptakan keseimbangan proporsional dan menutupi pinggul dengan elegan. Rok tulip bisa menjadi pilihan untuk bentuk tubuh buah pir dikarenakan memiliki potongan yang lebih lebar di bagian bawah, menciptakan keseimbangan dengan pinggul yang lebar dan menonjolkan pinggang yang lebih kecil.

 

Diantara rok kesayangan yang dimiliki oleh seseorang pasti terdapat noda yang menempel bahkan sudah membandel, kami punya rekomendasi untuk menggunakan deterjen dari A-Wash yang bisa menghilangkan noda membandel. Jika tertarik bisa kunjungi Website atau Whatsapp kami untuk mengetahui lebih detailnya.