Cara Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Kesayangan Anda

Cara Merawat dan Membersihkan Tas Kulit Kesayangan Anda – Tas kulit adalah salah satu produk fashion yang digemari oleh banyak orang. Karena tas kulit memiliki tampilan mewah dan elegan yang bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Agar kualitas tas kulit Anda tetap terjaga, Anda harus mengetahui cara merawat tas kulit yang baik dan benar. 

Pada umumnya, bahan tas kulit terbagi menjadi dua, yaitu kulit asli dan kulit sintetis. Karena tampilannya yang mewah dan elegan, tidak mengherankan apabila tas kulit memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, perawatan tas kulit juga akan berbeda dibandingkan tas kain biasanya.

Berbeda dengan tas lainnya, cara membersihkan tas kulit memang cukup berbeda, karena rentan mengalami kerusakan dan warnanya mudah berubah atau pudar. Apabila tidak dibersihkan secara rutin dan dirawat dengan baik, maka akan mengubah tampilan tas kulit dan kualitasnya akan menurun. Supaya tidak mudah rusak, simak penjelasan cara membersihkan tas kulit yang benar berikut ini.

 

 

Cara Membersihkan Tas Kulit yang Baik dan Benar

1. Bersihkan Debu Menggunakan Sikat yang Lembut

Tas kulit milik Anda sudah lama disimpan dan sekarang banyak debu yang menempel? Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membersihkan debu yang menempel terlebih dahulu. Bersihkan debu yang menempel di permukaan tas menggunakan sikat yang lembut, misalnya sikat gigi yang digunakan untuk gigi sensitif 

 

2. Gunakan Kain Microfiber atau Kapas untuk Membersihkannya 

Salah satu kondisi umum yang sering terjadi pada tas kulit asli yang sudah berjamur dan tidak terawat dengan baik adalah warnanya yang sudah pudar dari warna aslinya. 

Kondisi ini dapat dicegah dengan rutin membersihkan tas kulit menggunakan kain microfiber atau kapas yang sudah dibasahi dengan baby oil. Tetapi perlu diingat, jangan terlalu banyak meneteskan baby oil ke kain yang digunakan, cukup beberapa tetes saja. 

 

3. Bersihkan Noda Menggunakan Cairan Pembersih yang Aman

Apabila tas kulit sering digunakan, pastinya permukaan tas rentan terkena beberapa noda yang menempel. Jika tas kulit Anda terkena noda, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan noda tersebut menggunakan cairan pembersih khusus tas kulit. 

Hal ini untuk mencegah tas kulit agar tidak mudah rusak. Sekarang sudah banyak produk pembersih khusus untuk tas kulit yang mudah ditemukan di berbagai marketplace online. Selain menggunakan cairan pembersih khusus tas kulit, Anda juga bisa menggunakan hand body atau baby oil untuk membersihkannya. 

 

4. Gunakan Baking Soda

Untuk membersihkan noda minyak atau lemak pada tas kulit, Anda bisa menggunakan baking soda. Caranya cukup mudah, taburkan baking soda pada area  tas yang terkena noda minyak. Kemudian, gosok secara lembut menggunakan kain lembap. Biarkan selama beberapa jam hingga baking soda menyerap minyak. Lalu, bersihkan baking soda menggunakan kain yang lembut.

 

5. Bersihkan Jamur Menggunakan Jus Lemon atau Cuka

Jika permukaan tas kulit Anda berjamur, Anda bisa menggunakan jus lemon atau cuka untuk membersihkan tas kulit dan mencegahnya dari jamur. Cara mengaplikasikannya sangat mudah, aplikasikan bahan alami tersebut menggunakan kain microfiber atau kain katun. Kemudian, campur jus lemon atau cuka dengan air bersih. Lalu, teteskan beberapa tetes campuran tersebut pada kain. Usap secara perlahan di permukaan tas.

 

6. Gunakan Alkohol Gosok atau Aseton

Cara yang tepat untuk menghilangkan noda dan goresan tinta pada tas kulit adalah dengan menggunakan aseton. Cara menggunakannya yaitu, celupkan kapas ke dalam aseton. Lalu, bersihkan noda secara perlahan tetapi jangan digosok, karena bisa membuat noda pada tas menyebar. Anda hanya perlu menepuk-nepuk kapas yang sudah dicelupkan ke dalam aseton secara lembut hingga nodanya hilang. 

 

7. Keringkan Secara Alami Menggunakan Lap Microfiber

Untuk mengeringkan tas kulit secara alami, Anda dapat menggunakan lap microfiber atau kapas. Lap yang halus tidak akan merusak permukaan tas kulit Anda. 

 

8. Masukkan Bubble Wrap atau Bag Pillow ke dalam Tas 

Untuk menjaga bentuk tas tetap utuh dan terjaga, sebaiknya Anda memasukkan bubble wrap atau bag pillow ke dalam tas. Cara ini dapat menahan bentuk desain tas, sehingga tidak terdapat lipatan yang dapat mengurangi estetika tas. 

 

9. Menata Tas Secara Baik dan Benar

Kesalahan umum yang jarang disadari oleh pengguna tas kulit adalah menata tas secara asal-asalan atau menumpuknya. Padahal, apabila ditumpuk apalagi tertimpa barang berat akan membuat bentuk tas menjadi rusak. Sebenarnya, menata tas kulit sangatlah mudah, 

Anda hanya perlu meletakkan tas kulit dengan posisi berjajar dan disusun rapi di dalam lemari atau rak. Dengan demikian, saat Anda ingin memakai tas kulit akan tetap terlihat bagus walaupun sudah dikenakan selama bertahun-tahun. 

 

Nah, itu dia cara merawat dan membersihkan tas kulit yang penting Anda ketahui. Selain cara diatas, Anda juga bisa menggunakan Deterjen A-WASH sebagai cara untuk membersihkan noda pada tas kulit. Deterjen A-WASH merupakan deterjen bubuk yang dirancang untuk membersihkan berbagai noda membandel, termasuk noda pada tas kulit. 

Anda tidak perlu khawatir, deterjen A-WASH terbuat dari bahan ramah lingkungan sehingga sangat aman digunakan. Jika tertarik, Anda bisa order melalui kontak kami di bawah ini: 

Website 

WhatsApp