Cara Merawat Bahan Katun Yang Tepat

Cara Merawat Bahan Katun Yang Tepat – Kain katun merupakan salah satu bahan kain yang memang pada dasarnya bagus untuk diolah dibuat menjadi berbagai macam jenis pakaian, salah satunya yaitu karena cenderung adem dan juga dapat menyerap keringat.

Cara Merawat Bahan Katun Yang Tepat
Cara Merawat Bahan Katun Yang Tepat

Bahan katun ini tidak hanya diproses menjadi bahan seperti pakaian saja namun juga diproses menjadi bahan bahan seperti taplak, seprei, dan lainnya. Karena bahan katun ini selalu menjadi pilihan yang baik untuk digunakan dalam proses produksi pakaian atau jenis kain.

Kain katun ini tentu memiliki berbagai macam motif, dan juga berbagai macam warna yang menarik sehingga baju yang dihasilkan tidak hanya itu itu saja namun bervariasi.

Alasan kain yang menjadikan bahan katun ini menjadi bahan yang cukup diminati oleh dunia industri fashion dan juga tekstil dan juga para konsumen yaitu karena bahan ini mudah untuk dijaga kebersihannya, sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itulah tidak heran jika bahan ini cukup populer dan juga diminati oleh semua kalangan. 

Bagaimana Jenis Bahan Katun Itu?

Bagaimana Jenis Bahan Katun Itu?
Bagaimana Jenis Bahan Katun Itu?

Kain katun ini merupakan jenis kain yang berasal dari bahan serat alami yang berasal dari tumbuhan kapas, dengan memiliki nama latin seperti gossypium. 

Secara umum, kain katun ini memiliki berbagai jenis yang berbeda beda. Saat ini bahkan ada sepuluh jenis kain yang digunakan dan disesuaikan dengan berbagai kebutuhan masing masing.

Jika menurut cara pembuatannya, kain katun ini terbagi menjadi dua, yaitu ada serat alami dan juga serat sintetis atau yang lebih sering dikenal sebagai serat buatan. 

Tahukah Anda bahwa produk yang dihasilkan oleh kain katun ini mudah untuk terurai, jadi jika ada pakaian yang terbuat dari jenis kain katun ini berakhir pada tempat pembuangan akhir, maka kain tersebut dapat membantu menyuburkan tanah pada area tersebut.

Pakaian yang terbuat dari bahan dasar kain katun ini tidak mengandung bahan kimia, sehingga dengan hal ini tidak akan menimbulkan ancaman atau juga bahaya yang dapat membahayakan hewan atau tumbuhan.

Banyak alasan yang digunakan oleh orang orang ketika menggunakan pakaian yang berbahan katun ini, salah satunya yaitu untuk menghindari alergi karena menyalakan antara kulit dan jug pakaian yang dikenakan tersebut.

Bagaimana Cara Merawat Bahan Katun?

Bagaimana Cara Merawat Bahan Katun?
Bagaimana Cara Merawat Bahan Katun?

Tentu saja untuk menjaga agar kain tetap lembut dan bagus harus dirawat dengan baik, dan cara perawatan di bahan katun ini cukup mudah lho, mau tau apa saja?

Berikut adalah penjelasannya.

  • Bersihkan Sisi Pakaian yang Terkena Noda Sebelum Dicuci

Sebelum mencuci pakaian, maka sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu apakah ada noda yang menempel atau tidak. Dengan membersihkan noda pada sisi pakaian sebelum dicuci maka tidak akan menimbulkan bekas noda dan serat pakaian dapat benar benar bersih.

Cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan noda pada kain katun ini adalah menggunakan pembersih khusus yang digunakan untuk membersihkan noda pakaian. 

Dengan cara begitu maka noda yang menempel dapat dengan mudah hilang tanpa meninggalkan bekas noda pada pakaian tersebut.

  • Pisahkan Pakaian Putih dan Pakaian yang Berwarna, Serta Perhatian Suhu Air yang Akan Digunakan

Pakaian yang berbahan katun ini memang tergolong cocok untuk dicuci dengan menggunakan mesin cuci, namun meskipun demikian tetap saja Anda harus memisahkan antara pakaian yang berwarna gelap dan juga pakaian yang berwarna gelap.

Masih banyak jenis pakaian yang ketika dicuci akan luntur warnanya dan jika itu terjadi dapat merusak warna pakaian yang lain yang sedang dicuci secara bersamaan.

Lalu Anda juga perlu memperhatikan suhu air yang digunakan ketika mencuci pakaian, contohnya bahan katun yang berwarna putih dan juga warna terang Anda maka Anda bisa menggunakan warna yang hangat.

Namun sebaliknya, jika Anda mencuci dengan menggunakan warna yang gelap maka sebaiknya menggunakan warna yang dingin. Hal ini perlu dilakukan agar kualitas warna tidak cepat rusak atau cepat pudar. 

  • Sebaiknya Menggunakan Sabun Cuci Detergent Bukan Sabun Colek

Jika Anda mencuci pakaian yang berbahan katun dengan menggunakan sabun colek maka sebaiknya segera dihentikan,  karena penggunaan dari sabun untuk mencuci pakaian yang berbahan katun ini lebih baik jika menggunakan detergent.

Anda juga bisa menambahkan pelembut pakaian, agar ketika sedang dicuci maka pakaian dapat menjadi lebih halus. 

Jika Anda sering menambahkan pemutih pakaian sebaiknya Anda harus selalu memperhatikan bagian label baju, hal ini dikarenakan bahwa tidak semua pakaian yang berbahan katun ini cocok jika terkena pemutih.

  • Hindari Mengeringkan Pakaian dengan Menggunakan Mesin Pengering

Kain yang berbahan katun sebaiknya jangan menggunakan mesin pengering ketika ingin mengeringkan pakaian, hal ini perlu dilakukan agar pakaian yang berbahan katun ini lebih tahan lama dan juga tidak mudah rusak.

Untuk alternatifnya, Anda bisa menjemur pakaian dibawah sinar matahari langsung.

  • Hindari Suhu Panas Ketika Sedang Menyetrika Berbahan Katun

Bagian terakhir yaitu, Anda perlu memperhatikan suhu pada alat setrika ketika ingin menyetrika pakaian tersebut, karena jika setrika terlalu panas atau suhu yang tinggi dapat merusak bahan katun tersebut.

Bahkan ada jika menggunakan suhu yang tinggi dapat meninggalkan bekas kuning pada pakaian yang berbahan katun tersebut. Nah, maka dari itulah Anda perlu berhati hati dalam menyetrika pakaian.

Itu saja cara yang tepat merawat bahan katun, lalu bagaimana ya cara yang tepat ketika akan menghilangkan noda yang menempel pada pakaian tersebut?

A Wash Detergent Super

A Wash Detergent Super
A Wash Detergent Super

Untuk menghilangkan noda yang membandel yang menempel pada pakaian yang berbahan katun Anda bisa menggunakan A wash detergent super. Detergent ini dapat menghilangkan noda yang menempel pada pakaian, jenis apapun pakaian tersebut.

A wash detergent super inipula termasuk dalam detergent yang ramah lingkungan lho, jadi tidak akan menimbulkan residu.

hubungi kami untuk mendapatkan informasi A wash detergent super dengan cara  Klik disini dan dapatkan GRATIS ONGKIR di seluruh Indonesia

Atau bisa hubungi CS kami : Cs : 0877-2348-6659