Cara Mengatasi Limbah Deterjen

Cara Mengatasi Limbah Deterjen

Cara Mengatasi Limbah Deterjen Pastinya kita tahu, bahwa pencemaran yang terjadi di lingkungan sangatlah tidak baik untuk kesehatan masyarakat dan lingkungan itu sendiri.

Banyak sekali limbah yang ada di lingkungan sehingga membuat masyarakat jauh dari kehigienisan. Salah satu jenis limbah yang banyak berada di lingkungan yaitu limbah air detergen.

Mengolah limbah air detergen menjadi bersih kembali, adalah hal yang bisa saja terjadi. Ada berbagai macam cara yang dapat Anda perbuat dalam upaya membuat limbah air detergen bersih kembali.

Mengapa Air Deterjen Termasuk Limbah?

Cara Mengatasi Limbah Deterjen
Cara Mengatasi Limbah Deterjen

Air detergent merupakan cairan yang berbahaya. Pada setiap rumah tangga pastinya memproduksi air detergen. Deterjen sendiri merupakan suatu bahan pembersih yang dapat dipakai untuk membersihkan dan menghilangkan noda ataupun kotoran yang berada pada kain dan pakaian.

Limbah deterjen dianggap sebagai penyebab pencemaran air yang berbahaya karena  sangat sulit untuk dapat diuraikan. 

Jika terdapat terlalu banyak limbah deterjen bisa menyebabkan efek yang beracun pada semua jenis kehidupan akuatik, dan ini juga termasuk deterjen yang bisa diuraikan.

Jadi sudah dipastikan bahwa air detergent merupakan air limbah yang harus segera ditangani agar tidak merusak lingkungan dan perairan.

Air detergent termasuk limbah yang berbahaya serta beracun apabila tidak ditangani dengan cara yang tepat. Limbah deterjen juga akan menimbulkan masalah lain bagi kehidupan akuatik dengan menurunnya tegangan permukaan air. 

Cara Mengatasi Limbah Deterjen

Cara Mengatasi Limbah Deterjen
Cara Mengatasi Limbah Deterjen

Yang termasuk dalam limbah rumah tangga diantaranya adalah cairan detergen. Water grey atau limbah rumah tangga ini adalah limbah yang perlu kita perhatikan dan kelola dengan baik, agar tidak mencemari lingkungan dan juga perairan.

Adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi limbah rumah tangga ini, termasuk limbah detergen dengan menggunakan cara dibawah ini. Diantaranya yaitu:

Menggunakan Air Pembersih yang Ramah Lingkungan

Hal utama yang paling penting untuk mengatasi limbah cair yaitu Anda perlu memakai air pembersih yang pastinya ramah lingkungan.

Artinya, apabila anda memilih cairan pembersih untuk rumah, Anda harus pintar dalam memilih pembersih yang ditawarkan.

Termasuk dalam memilih cairan pembersih yang terbuat dari detergen. Ketika anda memilih detergen ramah lingkungan ini , umumnya terlihat pada kandungan busanya.

Detergent dengan jenis ini mempunyai kandungan busa yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis detergen lainnya. Jadi, air bekas detergen ini dapat Anda pakai kembali.

Mengurangi Buangan Air Limbah

Selain menggunakan cara yang pertama, Anda juga dapat mengatasi ataupun mengurangi limbah cair ini dengan mengurangi pembuangan limbah cair tersebut.

Cara untuk mengurangi banyaknya pembuangan limbah cair ini dapat dengan melakukan perilaku menghemat. Dapat juga dengan limbah detergen ini, Anda bisa dapat menghindari kebiasaan untuk mencuci pakaian kotor dengan jumlah yang sedikit.

Hal seperti ini dilakukan supaya mengurangi pemborosan dalam pemakaian detergen, dan mengurangi banyaknya limbah cair yang terbuang.

Anda juga dapat melakukan penghematan dengan cara memakai kembali air sisa rendaman pakaian yang masih mempunyai daya bersih yang cukup. Seperti memakainya kembali untuk mencuci lap, sandal, ataupun yang lainnya.

Membuat Sistem Pengolahan Air Limbah

Cara untuk membantu mengatasi pembuangan limbah detergen yang terakhir yaitu dengan membuat sistem pengolahan air limbah. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan dalam mengelola limbah cair detergen.

Salah satunya  yaitu dengan menerapkan filter organik pada rumah anda. Pastinya limbah air dari sisa detergen ini memasuki bermacam macam tahapan filter.

Anda dapat menggunakan proses filter ini dengan memakai kangkung atau kiambang. Dengan menggunakan kedua cara itu, diharapkan dapat mengatasi maupun mengurangi bau yang tidak sedap pada air limbah deterjen.

Detergent Ramah Lingkungan

Cara Mengatasi Limbah Deterjen
Cara Mengatasi Limbah Deterjen

Pengguna detergent ramah lingkungan sangat dianjurkan agar lingkungan tetap bersih dan ekosistem air tetap terjaga. Busa yang timbul karena detergent dapat merusak lingkungan dan juga perairan sekitar. 

Dengan menggunakan detergen ramah lingkungan setidaknya kita dapat mengurangi pencemaran yang ada di lingkungan kita.

Salah satu detergent ramah lingkungan yang direkomendasikan adalah A Wash Detergent Super dengan bahan yang sudah diformulasikan untuk mengangkat noda noda membandel pada pakaian, lantai hingga wajan dengan sangat mudah.

A Wash Detergent Super memiliki busa yang dapat menguap sehingga tidak akan mencemari lingkungan dan merusak ekosistem air.  Dengan menggunakan A Wash Detergent kita dapat mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan.

Selain mengurangi pencemaran lingkungan Detergent ini juga dapat mengurangi noda bandel seperti noda minyak, jamur, lumpur hingga noda kecap.

Nah sudah tahu kan detergent yang ramah lingkungan. Dari artikel diatas sudah dijelaskan bahwa A-Wash Detergen Super termasuk dalam detergent yang ramah lingkungan dan pastinya kalian sudah mengetahui dampak buruk dari detergent yang dapat mempengaruhi ekosistem air.

Yuk beralih menggunakan A Wash Detergent Super agar kita dapat mengurangi limbah dan juga dapat mencuci dengan lebih mudah. Untuk info yang lebih lengkap bisa hubungi +62 813-2963-9848.