6 Cara Mencuci Yang Tepat

Cara Mencuci Yang Tepat
Cara mencuci yang tepat

6 Cara Mencuci Yang Tepat – Moms, pernahkah bingung pada saat mencuci pakaian? Tak jarang pakaian kita rusak karena dicuci.

Eitss, ternyata bukan masalah mencuci pakaiannya yang salah. Namun kebiasaan mencuci pakaian kita yang seringkali salah dan justru berakhir merusak pakaian.

Seperti yang kita tahu, pakaian terbuat dari berbagai macam bahan. Tentu saja setiap bahan memiliki cara perawatan tersendiri.

Namun bukan berarti kita hanya fokus untuk merawat pakaian dengan bahan yang sensitif saja ya, Moms. Hal ini dikarenakan semua bahan pakaian bisa rusak apabila tidak dirawat dengan baik dan sembarangan.

Terkadang ada kebiasaan mencuci kita yang ternyata salah dan bisa merusak serat pakaian, lho. Misalnya adalah menyikat kotoran atau noda yang ada di pakaian dengan kuat.

Padahal kebiasaan menyikat pakaian dengan kuat bisa merusak serat pakaian. Mengapa demikian? Pakaian berasal dari serat kain yang lembut dan rawan sobek.

Sedangkan sikat memiliki permukaan yang cukup kasar dan apabila digunakan untuk menyikat pakaian dengan kuat, akan merobek pakaian yang disikat.

Namun terkadang kita masih bingung bagaimana cara mencuci yang tepat. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi tentang cara mencuci yang tepat.

1. Gunakan suhu air yang tepat

Cara Mencuci Yang Tepat
Gunakan suhu air yang tepat

Cara mencuci yang tepat pertama adalah dengan menggunakan suhu air yang tepat.

Disarankan untuk mencuci pakaian, suhu air yang digunakan adalah air dingin. Air dingin cocok untuk serat atau kain yang halus.

Selain itu, air dingin juga cocok untuk digunakan pada baju yang hampir menyusut. Serta kain berwarna gelap yang mudah luntur.

Menggunakan air dingin juga bisa membantu kita menghemat gas yang digunakan untuk memasak air. Bisa juga menghemat listrik yang digunakan untuk kerja alat pemanas air.

Sedangkan air hangat dan air panas memiliki fungsi tersendiri pada saat mencuci pakaian.

Air hangat cocok untuk menghilangkan noda atau kotoran yang membandel di berbagai jenis kain tekstil.

Kemudian air panas cocok untuk digunakan saat mencuci sprei, handuk, dan pakaian putih yang memiliki noda membandel dan sulit untuk hilang. Tak hanya itu saja, air panas juga cocok digunakan untuk noda minyak atau lemak yang ada di pakaian.

2. Pilih deterjen yang tepat

Cara Mencuci Yang Tepat
Gunakan deterjen yang tepat

Cara mencuci yang tepat selanjutnya adalah dengan memilih deterjen yang tepat.

Moms, terkadang ada jenis kain yang sensitif dengan deterjen tertentu.

Oleh karena itu, kita harus pandai memilih deterjen yang cocok untuk pakaian kita. Apabila kita teledor dalam memilih deterjen, justru akan merusak pakaian.

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis deterjen seperti bubuk, cair, krim, dan kapsul. Konsumen hanya perlu menyesuaikan mana jenis deterjen yang dipilih sesuai dengan situasi mencuci mereka.

Usahakan untuk memilih deterjen yang jelas fungsinya dan jangan berpatokan pada deterjen yang memiliki harga murah.

Selain itu, perhatikan juga kelebihan dan kekurangan suatu deterjen agar makin aman untuk mencuci pakaian kita.

3. Hindari mencampur pakaian rawan luntur

Cara Mencuci Yang Tepat

Cara Mencuci Yang Tepat
Pisahkan pakaian yang rawan luntur

Cara mencuci yang tepat selanjutnya adalah hindari mencampur pakaian rawan luntur dengan pakaian lain, terutama yang berwarna putih.

Pakaian yang rawan luntur sebaiknya dicuci terpisah dengan pakaian lain. Hal ini dikarenakan lunturan warna tersebut bisa saja menodai pakaian lain.

Untuk itu, disarankan untuk memisahkan pakaian yang berwarna pekat dengan pakaian yang terang ya, Moms.

Tetapi bagaimana jika tidak mengetahui baju rawan luntur? Tenang saja karena Moms bisa mengeceknya sendiri di rumah.

Caranya adalah dengan membasahi kapas dengan air kemudian gosokkan pada bagian dalam kain. Lalu lihat apakah warna tersebut luntur pada kapas.

Jika luntur, itu berarti pisahkan baju tersebut dengan baju yang lain saat mencuci. Hal ini dilakukan agar lunturan tidak mengenai pakaian lain.

4. Gunakan pelembut kain

Cara Mencuci Yang Tepat
Gunakan pelembut pakaian

Cara mencuci yang tepat berikutnya adalah dengan menggunakan pelembut kain pada pakaian yang sedang dicuci.

Terkadang ada bahan kain yang memerlukan pelembut untuk menjaga tingkat kelembutan kain tersebut. Selain itu, pelembut juga digunakan untuk mengurangi kemungkinan pakaian akan menyusut.

Pelembut pakaian bisa membuat suatu bahan pakaian menjadi lebih lembut. Sehingga pakaian akan nyaman ketika dipakai.

Selain itu, pelembut pakaian juga bisa melindungi serat pakaian agar awet dan tahan lama.

Menggunakan pelembut pakaian juga akan membuat proses penyetrikaan pakaian menjadi lebih mudah.

5. Singkirkan noda dengan cepat

Cara Mencuci Yang Tepat
Periksa noda di pakaian

Cara mencuci yang tepat terakhir adalah dengan menghapus noda dengan segera. 

Moms, seringkali kita malas saat melihat noda yang ada di pakaian. Rasanya berat untuk membersihkan noda baru yang ada di baju.

Namun ternyata hal ini malah bisa merusak tampilan pakaian lho, Moms. Sebab noda atau kotoran menjadi lebih sulit untuk dihilangkan.

Oleh karena itu, apabila melihat noda baru di pakaian sesegera mungkin untuk menghilangkannya. Jangan lupa untuk gunakan penghilang noda yang cocok untuk bahan pakaian agar tidak merusak pakaian.

Dan jangan lupa untuk gunakan A Wash Detergent untuk hilangkan noda ya, Moms.

A Wash Detergent jagonya hilangkan berbagai jenis noda yang ada di pakaian.

Selengkapnya tentang A Wash bisa mengunjungi home website dan Instagram kami.

Moms juga bisa menghubungi kami di WhatsApp untuk pemesanan A Wash Detergent.