Bahan-bahan Detergen Kabupaten Pesisir Barat 

Bahan-bahan Detergen Kabupaten Pesisir Barat – Detergen adalah salah satu produk atau komponen yang paling penting dalam membantu kita untuk membersihkan pakaian ataupun permukaan yang lainnya.

Bahan-bahan Detergen Kabupaten Pesisir Barat 
Bahan-bahan Detergen

Hal tersebut disebabkan, karena kandungan bahan yang ada di dalam detergen dibuat khusus untuk bisa mempermudah untuk membersihkan dan mengangkat noda atau kotoran-kotoran yang ada di permukaan.

Sehingga, menjadikan detergen menjadi produk wajib yang harus tersedia di setiap rumah untuk dapat mempermudah dalam proses pembersihan.

Namun, tahukah anda bahan-bahan apa saja yang terkandung pada detergen? Dan apakah bahan pada detergen tersebut dapat berpengaruh bagi lingkungan?

Nah, untuk lebih jelasnya lagi bisa langsung saja anda simak selengkapnya pada pembahasan di bawah ini yaa!

Bahan-bahan Detergen 

Bahan-bahan Detergen Kabupaten Pesisir Barat 
Detergen

Detergen adalah bahan yang paling sering digunakan di kalangan masyarakat untuk membantu di dalam kegiatan cuci mencuci pakaian serta membersihkan berbagai permukaan lain.

Secara umum, detergen dibuat dari berbagai campuran bahan-bahan yang sering digunakan di dalam mempermudah proses pencucian pakaian serta pembersihan berbagai macam permukaan.

Kandungan bahan yang ada pada detergen pun bisa beragam, hal tersebut bergantung dari merk serta jenis yang anda gunakan.

Berikut ini merupakan bahan-bahan yang paling umum digunakan ada di dalam detergen, yang diantaranya yaitu:

  1. Surfaktan

Surfaktan merupakan salah satu bahan aktif yang utama pada detergen yang bisa menurunkan tegangan pada permukaan air.

Dengan hal itu, maka akan membuat air dan juga minyak bercampur menjadi satu. Sehingga, dapat mengangkat semua noda serta kotoran dengan efektif.

Surfaktan bisa berupa surfaktan anionik, kationik, maupun nonionik. Namun, surfaktan yang biasanya digunakan dalam detergen yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS).

  1. Builder

Builder menjadi salah satu bahan yang ada di dalam detergen yang merupakan bahan pembentuk yang memiliki fungsi untuk meningkatkan efisiensi pada saat mencuci.

Selain itu, builder juga dapat membantu untuk melarutkan/menghancurkan noda-noda serta kotoran dengan lebih efektif.

Secara umum, builder yang paling umum digunakan dalam detergen yaitu Sodium Tripolyphosphate (STPP) dan juga Sodium Carbonate.

  1. Pembersih

Di dalam detergen juga terkandung bahan pembersih yang memiliki fungsi untuk mengangkat serta menghancurkan noda dan kotoran-kotoran pada permukaan.

Contoh bahan pembersih yang ada di dalam detergen, yang umumnya dipakai yaitu Enzim, Hidrogen Peroksida, serta Sodium Carbonate.

  1. Enzim

Pada detergen juga terkandung enzim yang bertujuan untuk memisahkan berbagai macam noda dan kotoran yang membandel atau susah untuk dihilangkan dari permukaan, contohnya seperti protein, lemak, maupun karbohidrat.

Enzim tersebut, berperan dalam mengkatalisis reaksi kimia yang menghancurkan partikel-partikel noda atau kotoran yang ada di permukaan.

Bahan-bahan Detergen Kabupaten Pesisir Barat 
Noda di Pakaian
  1. Penghilang Noda

Bahan penghilang noda juga biasanya sering digunakan dalam pembuatan detergen untuk dapat menghilangkan jenis noda yang susah untuk dihilangkan. Misalnya saja noda minyak maupun protein.

Bahan tersebut bisa membalut noda yang ada pada pemakaian serta akan mempermudah di dalam proses pencucian.

  1. Pengawet

Ada sebagian detergen juga yang di dalamnya terkandung bahan pengawet yang berfungsi untuk menangkal berkembangnya bakteri dan juga jamur yang ada pada detergen.

Pada umumnya, bahan pengawet yang digunakan dalam detergen aman untuk digunakan serta tidak menimbulkan bahaya apabila anda menggunakannya sesuai dengan petunjuk penggunaan.

  1. Enhanter

Enhanter menjadi salah satu bahan juga yang ada dalam detergen yang berfungsi untuk meningkatkan daya bersih detergen ketika digunakan.

Bahan tersebut bisa membuat pH pada detergen seimbang serta dapat dengan efektif di dalam menghilangkan noda-noda dan kotoran.

  1. Filler

Filler merupakan salah satu bahan tambahan yang dipakai untuk bisa meningkatkan mutu/kualitas pada bahan detergen.

Biasanya, filler tidak mempunyai keunggulan untuk meningkatkan daya pencucian. Akan tetapi, filler dapat membantu di dalam membentuk detergen dengan jumlah yang berlimpah hanya dengan satu produk saja.

Nah, itulah beberapa bahan yang biasanya terkandung dalam detergen. Harus anda ingat, bahan bahan-bahan pada detergen tersebut bisa beragam tergantung dari merek serta jenis detergen yang anda gunakan.

Ada baiknya bagi anda untuk selalu membaca semua instruksi yang tertera pada label produk serta ikuti instruksi pemakaian yang telah dianjurkan dengan benar.

Selain itu juga, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan takaran pemakaian yang sesuai agar anda dapat memperoleh hasil pencucian yang maksimal.

Apakah Bahan Detergen Dapat Mempengaruhi Lingkungan?

Terkait dari bahan-bahan yang terkandung dalam detergen, pasti muncul pertanyaan di benak anda tentang apakah bahan pada detergen tersebut dapat mempengaruhi lingkungan?

Nah, jawabannya adalah bisa. Bahan yang ada pada detergen dapat berpengaruh terhadap lingkungan. Karena, limbah detergen bisa menyebabkan pencemaran air serta dapat mengganggu ekosistem pada perairan.

Berikut merupakan beberapa dampak dari bahan detergen yang anda gunakan bagi lingkungan, diantaranya yaitu:

  1. Pencemaran Air

Bahan-bahan Detergen Kabupaten Pesisir Barat 
Pencemaran Air

Kandungan bahan pada detergen yang terdiri dari senyawa seperti surfaktan serta fosfat, adalah bahan yang susah untuk terurai pada alam.

Apabila limbah detergen tersebut masuk pada perairan, maka bisa menjadi penyebab meningkatkan populasi alga yang dapat menurunkan kadar oksigen yang ada di dalam air.

Sehingga, hal tersebut bisa menyebabkan dampak yang negatif bagi para kehidupan organisme yang ada dalam perairan.

  1. Rusaknya Ekosistem Perairan

Detergen bisa menghancurkan lapisan eksternal yang menjadi pelindung ikan dari berbagai bakteri serta parasit.

Tidak hanya itu, detergen juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ pernapasan ikan. Sehingga, dapat menimbulkan penurunan pada populasi ikan serta tidak seimbangnya ekosistem.

  1. Berpengaruh Terhadap Kualitas Air

Limbah yang dihasilkan dari detergen bisa mengurangi pasokan oksigen di dalam air, sehingga bisa mengganggu kegiatan respirasi ikan serta menyebabkan turunnya populasi pada ikan.

  1. Mencemari Tanah dan Tumbuhan

Bahan-bahan Detergen Kabupaten Pesisir Barat 
Mencemari Tanah dan Tumbuhan

Limbah detergen yang menyerap ke dalam tanah bisa mengakibatkan timbulnya pencemaran pada tanah serta dapat mengurangi tingkat kesuburan pada tanah.

Kandungan bahan kimia dalam detergen itulah yang bisa menyebabkan kerusakan pada organisme tanah dan juga akan menyebabkan keseimbangan ekosistem yang ada dalam tanah terganggu.

  1. Mengganggu Kesehatan 

Bahan-bahan yang terkandung pada detergen yang telah dijelaskan di atas, bisa mempengaruhi kesehatan manusia.

Kesehatan yang mengganggu bagi manusia itu sendiri diantaranya yaitu seperti, kulit akan terasa kasar, hilangnya kelembaban pada kulit yang secara alami, sampai dengan terjadinya iritasi pada kulit.

Itu dia beberapa dampak yang dapat mempengaruhi lingkungan yang bisa terjadi apabila anda menggunakan detergen.

Untuk mengurangi terjadinya dampak tersebut, dianjurkan bagi anda untuk menggunakan detergen yang lebih ramah lingkungan agar dampak tersebut tidak menjadi semakin parah bagi lingkungan.

Dengan menggunakan detergen ramah lingkungan dengan takaran yang tepat, maka bisa meminimalisir terjadinya dampak negatif tersebut pada lingkungan.

Detergen Pakaian 

Nah, setelah membaca semua informasi mengenai bahan-bahan yang ada di dalam detergen dan juga pengaruh dari penggunaan detergen tersebut bagi lingkungan yang sudah dijelaskan di atas.

Pastinya anda harus lebih berhati-hati dan lebih bijak lagi dalam memilih detergen untuk anda gunakan setiap harinya.

Agar, anda bisa meminimalisir terjadinya dampak negatif yang dapat terjadi akibat penggunaan detergen pada lingkungan.

Untuk bisa meminimalisir dampaknya, anda dapat memulainya dengan cara menggunakan detergen yang lebih ramah lingkungan. Seperti produk A-WASH Detergent SUPER.

Bahan-bahan Detergen Kabupaten Pesisir Barat 
A-WASH Detergent SUPER

A-WASH Detergent SUPER ini adalah detergen yang efektif untuk membersihkan dan menghilangkan noda-noda membandel yang bisa anda gunakan pada serta permukaan-permukaan yang lainnya.

Seperti keset, handuk, gorden, mukenah yang berjamur, sarung bantal, keramik, sampai dengan panci/wajan yang gosong.

Nah, jadi tunggu apalagi? Ayo segera gunakan A-WASH Detergent SUPER agar anda dapat selalu membersihkan berbagai macam permukaan yang terkena noda tanpa takut menimbulkan bahaya bagi lingkungan.

Untuk informasi yang lebih lanjutnya lagi bisa langsung cek website kami di a-washdetergent.com atau langsung hubungi kami saja dengan klik disini.