2 Dampak Negatif Penggunaan Detergent 

2 Dampak Negatif Penggunaan Detergent 

2 Dampak Negatif Penggunaan Detergent – Deterjen merupakan salah satu dari kebutuhan yang tidak lepas dari masyarakat di masa kini.

Dampak detergent dan kegunaannya perlu dipahami dengan baik karena detergent tidak hanya memiliki manfaat, tetapi juga dapat menimbulkan kerusakan bagi lingkungan sekitar. 

Hal seperti itu menuntut kita agar dapat menggunakan deterjen secara bijak untuk meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.

Detergent memiliki banyak fungsi lain selain dapat membersihkan noda pada pakaian maupun kain. Kemudian, apa saja 2 dampak negatif penggunaan detergent? Supaya anda lebih memahaminya, simak informasi pada artikel berikut.

Dampak Negatif Penggunaan Detergent Bagi Manusia

Dampak Detergent bagi kesehatan
Dampak Detergent bagi kesehatan

Disampingnya banyak manfaatnya, Detergent juga dapat memberikan dampak negatif bagi manusia yang menggunakannya. Dampak negatif detergent diantaranya yaitu : 

  1. Bahan surfaktan bisa mengakibatkan permukaan kulit menjadi kasar, hilangnya kelembaban alami pada kulit.
  2. Detergent dapat mempengaruhi cara kerja hormon pada tubuh manusia, sehingga bisa mengakibatkan masalah pada kemampuan reproduksi, asma, alergi, penyakit kulit serta bahkan dapat mengakibatkan kanker hati
  3. Menyebabkan mual serta dapat mengiritasi sistem pernapasan pada manusia 

Dampak Negatif Penggunaan Detergent Bagi Lingkungan

Dampak Negatif Penggunaan Detergent
Dampak Negatif Penggunaan Detergent

Rata-rata penggunaan jumlah detergen setiap rumah tangga sekitar 50 gram/harinya.

Dengan banyaknya jumlah penduduk di Indonesia  sekitar 220 juta jiwa serta terdiri dari kurang lebih 40 rumah tangga maka dalam setahun terdapat sekitar 720 ton detergen yang dipakai serta berakhir menjadi limbah cair yang menyebabkan pencemaran lingkungan. 

Detergent yang terbuat dari bahan bahan kimia mempunyai resiko bahaya yang besar bagi lingkungan. Berikut ini akan dapat membuat anda memahami dampak negatif penggunaan detergent bagi lingkungan.

Memicu Eutrofikasi

Perairan sungai maupun rawa rawa yang telah tercemar limbah detergen dapat menimbulkan eutrofikasi. Eutrofikasi merupakan suatu kondisi dimana pesatnya pertumbuhan tanaman eceng gondok dan juga ganggang.

Apabila kondisi seperti ini dibiarkan maka permukaan sungai maupun rawa akan tertutupi oleh tanaman eceng gondok dan juga ganggang. 

Dampak negatif dari kejadian ini akan dirasakan oleh para biota air di bawahnya sebab eutrofikasi dapat menghambat sirkulasi oksigen serta sinar matahari, ini dapat menyebabkan biota di dalamnya mati bahkan dapat mengalami kepunahan.

Menyebabkan Pencemaran Air

Jumlah limbah detergen yang sudah tidak dapat terkendali nantinya akan menimbulkan pencemaran pada air got-got yang kemudian mengalir ke sungai dan berakhir bermuara di laut.

Apabila jumlah limbah detergen semakin banyak maka akan sangat memungkinkan bila terjadinya pencemaran air tanah.

Sementara air tanah saat ini gunakan sebagai sumber air minum bagi masyarakat, sehingga zat kimia berbahaya yang menyusun detergen secara tidak langsung akan ikut terminum oleh masyarakat sekitar lingkungan yang tercemar. 

Sisa busa dari deterjen yang ada pada permukaan perairan juga nantinya dapat menghalangi cahaya matahari yang masuk serta sirkulasi oksigen sehingga dapat menyebabkan kematian bahkan dapat mengakibatkan kepunahan bagi biota air.

Mengandung Bahan yang Sulit Terurai

Zat alkyl benzene sulfonate yang menyusun detergen merupakan Zat yang sifatnya sulit terurai di alam, sehingga sudah banyak Negara yang melarang untuk menggunakan zat ini dalam detergent.

Apabila jumlah limbah detergen terus bertambah setiap harinya maka kandungan zat alkyl benzene sulfonate juga akan semakin banyak dan mencemari lingkungan disekitarnya. 

Cara Memilih Detergent Yang Baik

Dampak Negatif Penggunaan Detergent 
Dampak Negatif Penggunaan Detergent

Banyaknya berbagai macam produk deterjen yang saat ini dijual di pasaran, membuat kita kesulitan dalam memilih deterjen yang sesuai dengan anggaran, wanginya sesuai selera dengan keluarga, mampu membersihkan noda yang menempel di pakaian, serta ramah lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa cara memilih deterjen yang baik untuk menghilangkan noda pada pakaian anda dan juga keluarga.

Detergent Bubuk Atau Cair?

Pada umumnya, semua bentuk deterjen dapat membersihkan noda pada pakaian dengan baik.

Namun, deterjen bubuk lebih efektif dalam menghilangkan noda berminyak dan juga dapat digunakan dengan mudah sebagai penanganan agar dapat menghilangkan noda pada pakaian.

Detergent bubuk yang sangat direkomendasikan yaitu A Wash Detergent Super. A Wash Detergent Super ini mengandung bahan aktif yang dengan mudah dapat mengangkat semua noda yang menempel pada pakaian..

Apakah Harga Deterjen Setara Dengan Kualitasnya?

Harga tidak selalu menjadi tolak ukur terbaik untuk mengetahui kualitas dari deterjen. Kuncinya adalah dengan melihat daftar komposisi dari detergent.

Semakin banyak bahan aktif yang digunakan seperti surfaktan yang dapat mengangkat kotoran ataupun noda dari kain dan menahannya di udara serta enzim yang dapat menghilangkan noda bandel, semakin baik kualitas dari deterjen.

A Wash Detergent super merupakan detergent yang berbentuk bubuk dan ramah lingkungan serta memiliki bahan aktif yang dapat menghilangkan berbagai jenis noda dengan efektif, seperti noda minyak, lumpur, jamur pada pakaian dan masih banyak manfaat lainnya. 

Dengan menggunakan A Wash Detergent Super proses mencuci anda akan menjadi lebih mudah tanpa adanya drama noda bandel serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Yuk gunakan A Wash Detergent Super, untuk info yang lebih jelasnya bisa hubungi nomor +62 813-2963-9848